Dishub Lhokseumawe Sosialisasikan Perubahan Nama Jalan

ishak-rizal2Lhokseumawe, (Analisa). Dinas Perhubungan, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubbudpar) Kota Lhokseumawe  mensosialisasikan perubahan nama jalan di wilayah Pemko setempat, baru-baru ini. Sosialisasi dibuka Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M Rizal SH, M.Si.

Kegiatan yang berlangsung aula Setdako tersebut, diikuti seluruh kepala desa pada empat kecamatan dalam wilayah Pemko Lhokseumawe, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para camat serta unsur terkait.

Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Lhokseumawe, Tgk Yusdedi mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi seraya meminta nama-nama jalan yang digantikan oleh Pemko Lhokseumawe harus diterima orang banyak dan ada kecocokan. Selain itu, nama-nama yang diberikan  tidak ada yang salah tulis dan yang sudah dikenal oleh orang banyak, seperti nama pahlawan nasional.

Dalam sambutannya Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan M Rizal mengatakan, penyesuaian dan perubahan nama jalan dilakukan sebagai penjaringan aspirasi dari semua unsur masyarakat. Pembahasan tentang perubahan nama jalan dalam wilayah Kota Lhokseumawe telah dibahas secara bertahap sejak empat bulan lalu.

Kriteria nama jalan yang dibutuhkan, antara lain nama pahlawan nasional dan daerah, tokoh masyarakat, baik tokoh nasional maupun daerah. Penyesuaian nama jalan ini ditargetkan terealisasi secara keseluruhan tahun 2016 ditandai dengan pasangan pamplet. Sosialisasi akan dikuatkan oleh sebuah Peraturan Walikota (Perwal).

Kepala Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lhokseumawe, Drs Ishak Rizal M.Si menyebutkan, jalan lintas Medan-Banda Aceh mulai perbatasan Aceh Utara diberi nama Jalan Samudera Pasai.

Beberapa nama jalan yang dirubah di Kecamatan Banda Sakti, terdiri atas Jalan Merdeka Barat dirubah menjadi Jalan Syech Syamsuddin Fatarani, Jalan Merdeka Timur menjadi Jalan Muhammad Malikulshahir, Jalan Kenari menjadi Jalan Tgk Di Lhokseumawe, dan Jalan Air Bersih  menjadi Jalan Karimuddin Hasybullah, mantan Bupati Aceh Utara (almarhum).

Di Kecamatan Blang Mangat, Kecamatan Muara Dua dan Kecamatan Muara Satu juga banyak jalan yang dirubah namanya. Seperti Jalan Pelabuhan Umum menjadi Jalan Laksamana Malahayati, Jalan Rancong menjadi Jalan Yusuf Ali.

Pin It

Comments are closed.