Pemko Lhokseumawe Maksimalkan PAD Menara Telekomunikasi

Picture1-436x270Lhokseumawe, 4/6 (Antaraaceh) – Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui dinas terkait mulai memaksimalkan pendapatan asli daerah  dari restribusi izin menara telekomunikasi yang ada di wilayah tersebut.

Kasi Postel Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lhokseumawe Fahmi di Lhokseumawe, Selasa mengatakan, optimalisasi pendapatan daerah dari restribusi izin menara telekomunikasi yang dimulai  2013 itu memberi arti besar terhadap perolehan pemasukan daerah.

Dimana hasil pendapatan yang masuk ke kas daerah sejak kepemimpinan Suaidi Yahya-Nazaruddin tersebut, dari penagihan restribusi pengendalian menara  tersebut mencapai sekitar Rp500 juta.
“Tagihan itu dilakukan untuk tahun 2013, sedangkan tahun sebelumnya tidak ada yang membayar restribusi karena tidak ada penagihan sebelumnya,” ujar Fahmi.

Sebutnya, jumlah menara telekomunikasi secara keseluruhan yang tersebar diwilayah Kota Lhokseumawe mencapai 60 unit menara. Yang dioperasikan oleh Tujuh operator telekomunikasi.

Sedangkan berdasarkan pantauan lapangan yang dilakukan oleh pihaknya, ada sekitar 10 menara yang tidak diketahui siapa operatornya dan belum melaporkannya kepada instansi terkait didaerah. Untuk hal itu, pihaknya akan berupaya menyurati operator dan akan melakukan penagihan sebagaimana aturan yang berlaku.

“Kami melakukan pendataan langsung kelapangan ulang dengan turun langsung ke lapangan. Ada 10 menara yang belum terdata atau pihak operator belum melaporkan kepada pihak kami,” ujar Fahmi.
Sementara untuk aturan pajak menara sendiri, besarannya adalah 2 persen dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)-PBB, sebagaimana surat edaran Dirjen Pajak Nomor 17 Tahun 2003, terang Fahmi.

Sementara itu, Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, mengatakan segala potensi PAD di daerah akan terus diupayakan untuk digali secara maksimal. Tujuannya adalah untuk pembangunan daerah di segala bidang serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Baik disalurkan melalui program pro rakyat dan juga pembangunan infrastruktur sarana pendukung publik.

Pin It

One thought on “Pemko Lhokseumawe Maksimalkan PAD Menara Telekomunikasi

  1. 2017 Honda Odyssey
    At the back, the setup was to some degree disappointing FIRST, with a reasonably non particular lux vehicle taillights hang barely into mystery. Driven taillight arrangement unit has-been awakened for 2016, be that as it may, took the obscure showcase/Korean Towards Lexus shades. There are moreover new chrome supplements on the back watchman. Each of the 2016 models also get another wheel arrangement, at an estimation of 17-or 18-inch, dependent upon the trim level.

Leave a Reply